Go to Top
  • No products in the cart.

Erik Kurniawan

Erik KurniawanShort Biogafi Erik Kurniawan

Lahir di Cirebon, 22 Mei 1986. Sarjana Hukum Unversitas Jayabaya Jakarta. Aktif di Indonesian Parliamentary Center (IPC) sejak 2010. Terlibat aktif di Koalisi Amankan Pemilu (KAP) dalam mengawal proses seleksi penyelenggara Pemilu periode 2012-2017 dan advokasi Perubahan UU Pemilu 2014.

Memiliki minat pada bidang kajian tentang pemilu dan parlemen. Sejak tahun 2012, mempelajari kajian pemilu terutama sistem pemilu dan keterkaitannya dengan parlemen. Pernah menjadi anggota tim kuasa hukum pengajuan uji materi pasal 208 Undang-Undang No. 8 Tahun 2012 Tentang Pemilihan Anggota DPR, DPD dan DPRD dan pengujian uji materi pasal 22 ayat (5) Undang-Undang No. 8 Tahun 2012 Tentang Pemilihan Anggota DPR, DPD dan DPRD.

Pada 2014, terlibat sebagai tim fasilitator untuk peningkatan kapasitas Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di KPU RI dan 11 KPU Propinsi. Beberapa buku dan paper yang pernah dihasilkan, antara lain:

  • Upaya Memperkuat Sistem Presidensialisme: Mendorong Efektifitas Parlemen -Kumpulan Hasil Policy Forum Discussion-, Indonesian Parliamentary Center, 2012.
  • Menyempurnakan Komitmen: Potret Keterbukaan Informasi di Badan Penyelenggara Pemilu, (bersama Ahmad Hanafi) Indonesian Parliamentary Center, 2014.
  • Modul pelatihan: Seni Mengelola Keterbukaan Informasi Publik di Lingkungan Komisi Pemilihan Umum, (Kordinator Tim Penyusun), Indonesian Parliamentary Center dan Komisi Pemilihan Umum, 2015.
  • Mendorong Efektifitas Kerja Dewan Perwakilan Rakyat: Bahan masukan dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di Badan Legislasi DPR RI dalam rangka penyusunan Program Legislasi Nasional (Prolegnas 2015), Indonesia Parliamentary Center, September 2015.
  • Menuju DPR yang Lebih Efektif: Kontribusi Sistem Terhadap Hasil Pemilu; paper untuk Focus Group Discussion Badan Pengawas Pemilu, November 2015.
  • Modul Pelatihan: Membangun Kompetensi Dasar Kepemiluan Untuk Komunitas, (bersama Arie Muhammada Haikal) Komisi Pemilihan Umum, 2015.

1,100 total views, 2 views today