Go to Top
  • No products in the cart.

Buku Demokrasi Elektoral – Bagian I

Buku ini disusun untuk menjawab persoalan bagaimana demokrasi dan sistem politik electoral bekerja? Secara luas, system politik yang dimaksud meliputi segenap struktur yang bekerja di salam ruang politik di mana kekuasaan diperebutkan, dikelola, dan dipertanggungjawabkan dalam rangka memenuhi mandate demokrasi. Pembahasan tentang sistem politik bukan hanya terletak pada sejauh mana system tersebut bekerja secara efektif dalam kategori pelaksanaan pemilihan umum yang diikuti oleh peserta partai politik yang kredibel saja. Lebih jauh lagi, bagaimana system tersebut dibangun berdasarkan nilai-nilai normative agar bisa mempunyai perangkat operasional. Kemudian apa yang harus dilakukan untuk mengevaluasi bekerjanya system dan memberikan umpan balik perbaikan.

Demokratisasi di Indonesia mempunyai persoalan dalam pelembagaan nilai-nilai demokrasi. Tercatat sedikitnya ada empat aspek krusial dan membutuhkan perhatian serius yaitu: 1) aspek desain kelembagaan dari system politik yang mengabaikan kebutuhan dan kecenderungan budaya politik yang ada.; 2) aspek perbaikan peforma partai politik yang kinerjanya terukur dan mempunyai party rooting yang semakin mapan; 3) system pemilu yang tidak disusun secara sistematis , logis dan taat asas; 4) susunan kedudukan di pemerintahan dimana unsur optimal dari eksekutif bisa dikenali dari hasil legislasi yang kredibel.

Buku ini menawarkan rumusan untuk menjawab catatan di atas dengan melakukan perbandingan terhadap Negara-negara di Eropa, Amerika Latin, dan Asia yang lain. Memberikan dasar penghitungan matematika dalam system pemilu dan meotde desain kelembagaan bagi penataan struktur dan optimalisasi kinerja lembaga demokrasi.

Harga Buku Rp 55.000
Tebal buku 189 Halaman (+vii)

Pengiriman;
Jakarta, dapat menggunakan Go Send
Luar Jakarta, Ongkos Pengiriman Bergantung Jarak

Untuk detil pemesanan sila hubungi
Erik Kurniawan (0819 3293 0908/WA)

534 total views, 2 views today

About Admin

http://aziz.or.id

Leave a Reply