Go to Top
  • No products in the cart.

Pemerintah Bukanlah Negara

Pemerintah Bukanlah Negara – Pipit Rochijat Kartawidjaja

Buku ini memberikan landasan berpikir bahwa pemerintah bukanlah Negara. Secara tegas buku ini hendak meluruskan kesalahan berpikir yang telah jamak di Indonesaia bahwa aparat negara adalah aparat pemerintah, administrasi negara adalah bagian dari pemerintah.

 

Buku ini hendak mengupas bagaimana seharusnya administrasi diposisikan dalam hubungannya dengan lembaga tinggi negara, khususnya yang berada di cabang-cabang kekuasaan eksekutif dan legislatif, beserta peran yang dijalankannya. Jerman dijadikan model perbandingan disebabkan kesamaan karakteristiknya dengan Indonesia sebagai negara yang mengklaim dirinya negara hukum (Rechtstaat)dengan penggunaan tipe birokrasi Weber (Profesionalisme Birokrasi).

 

Lebih dari itu, pemilihan Jerman sebagai model perbandingan dikarenakan Jerman memiliki kekhasan dalam hal pemisahan antara pemerintah dan administrasi negara sebagai prakondisi pokok untuk menjamin administrasi negara yang netral, independen, dan profesional. Pembahasan dalam buku ini juga dikaitkan bagaimana Undang-Undang Prosedur Administrasi Negara (Verwaltungsverfahrensgesetz) Jerman yang diadopsi menjadi UU Administrasi Pemerintahan ala Indonesia berperan dalam hal tersebut.

Harga Buku Rp 65.000
Tebal buku 237 Halaman (+xxxiv)

Pengiriman;
Jakarta, dapat menggunakan Go Send
Luar Jakarta, Ongkos Pengiriman Bergantung Jarak

Untuk detil pemesanan sila hubungi
Erik Kurniawan (0819 3293 0908/WA)

886 total views, 2 views today

About Admin

http://aziz.or.id

Leave a Reply