Go to Top
  • No products in the cart.

Peta Jalan Pencegahan Politik Uang di Pilkada

Dalam konteks Indonesia, diskursus tentang politik uang, korupsi politik beserta isu turunannya, bukan berar dak mendapatkan porsi tersendiri. Berbagai inisiatiff berupa riset maupun advokasi kebijakan juga telah disumbangkan oleh para pegiat dan lembaga-lembaga masyarakat sipil yang mengikhtiarkan komitmennya dalam bidang ini. Kerap sejumlah inisiatif tersebut harus menghadapi halang-rintang maupun la- birin gelap yang seolah tak berujung. Di sinilah, komitmen dan konsistensi tersebut mendapatkan pengujiannya.

Riset yang dilakukan Sindikasi Pemilu dan Demokrasi (SPD) bekerjasama dengan Yayasan TIFA, merupakan salah satu bagian kecil saja kontribusi masyarakat sipil dalam isu poli k uang. Riset Peta Jalan Politik Uang, menjadi lanjutan dari riset sebelumnya dengan tema yang sama hasil kerjasama SPD dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pada 2016.

Pada riset pertama, sejumlah hal utamanya pada sektor hulu menjadi temuan, meliputi; sisi supply atau besaran jumlah dana. Pada sisi tersebut, kebutuhan koordinasi dan kerjasama antar otoritas (Bawaslu, PPATK, BI, dan KPK) menjadi satu poin penting guna mendeteksi alur, pola sebaran, dan wilayah yang melaksanakan pilkada. Termasuk di dalamnya identifikasi peran penting yang melibatkan sektor perbankan dan non perbankan.

Pada riset kedua. Tekanan lebih diberikan pada sektor tengah dan hilir. Termasuk upaya untuk menengarai berbagai modus ataupun indikasi berdasarkan aspek demografi dan kewilayahan yang rentan politik uang. Pada sektor tengah, potret dan peran aktor dalam bentuk korporasi maupun ‘botoh’, juga menjadi salah satu temuan. Aspek penegakan hukum dan kelembagaan yang berwenang terhadap politik uang turut menjadi bagian yang disasar dalam riset. Satu hal menarik ditemukan, justru ketika dalam konteks kerangka hukum (definisi, kelembagaan, dan jangkauan) politik uang telah mengalami kejelasan, justru ditemukan munculnya sikap permisif masyarakat yang makin tinggi terhadap politik uang. Ironisnya, peningkatan sikap permisif tersebut, justru muncul, paska kampanye massif menolak politik uang di berbagai daerah dilakukan.

Untuk versi e-book dapat diunduh pada tautan di bawah ini:

Peta Jalan Pencegahan Pilitik Uang di Pilkada

2,058 total views, 2 views today

Leave a Reply