Go to Top
  • No products in the cart.

Survei Opini Publik

Survei sudah terbukti menjadi instrumen yang sangat efektif untuk mendeteksi opini publik dan perilaku pemilih dalam sebuah pemilu. Survei dapat membantu kandidat presiden, gubernur, bupati/walikota, dan partai politik, untuk mengukur besaran dukungan publik terhadap mereka, sekaligus mengetahui ekspektasi masyarakat terhadap calon pemimpinnya atau calon partai politik pilihannya.

Manfaat dari sebuah kegiatan ilmiah bernama survei sangat banyak. Jika dianologikan sebagai perang udara, maka survei seperti radar. Jika perang darat, maka survei itu seperti perimeter (Dian Permata, 2011: 4).  Saking canggih dan banyaknya manfaat dari survei, para kandidat presiden, gubernur, bupati/walikota, dan partai politik, seperti berlomba untuk menggunakan jasa lembaga yang menawarkan survei. Fenomena ini tidak bisa dilepaskan dari modernisasi dan liberalisasi politik di Tanah Air (Dian Permata, 2016: 2).

Ilmu survei yang lazim digunakan oleh para kandidat dan partai politik itu sendiri berasal dari Amerika Serikat (AS). Bisa dikatakan, Gallup, sebuah lembaga penelitian di AS, adalah salah satu pelopor dan pengembang ilmu survei. Gallup sudah melakukan ratusan tes ilmiah kesahihan ilmu survei tersebut. Di setiap perhelatan pilpres di AS, Gallup kerap mengeluarkan hasil survei mereka. Publik AS kerap menanti hasil riset Gallup. Dan hasil survei mereka kerap jadi rujukan. Maka tidak heran apabila Gallup dan AS menjadi kiblat ilmu seperti ini..

Malaysia dan Filipina, adalah contoh dua jiran Indonesia yang kerap menggunakan ilmu survei jenis ini. Di Malaysia ada Merdeka Center (MC), sedangkan di Filipina ada Social Weather Station (SWS). Jika dibandingkan dengan kedua Negara tersebut maka untuk ukuran Indonesia terbilang baru. Adalah LP3ES (Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial) yang disebut-sebut pertamakali menggunakannya.  

 
Harga Buku Rp 55.000
Tebal buku
 
Pengiriman;
Jakarta, dapat menggunakan Go Send
Luar Jakarta, Ongkos Pengiriman Bergantung Jarak
 
Untuk detil pemesanan sila hubungi 
Erik Kurniawan (0819 3293 0908/WA)

258 total views, 2 views today

About Admin SPD

Sindikasi Pemilu dan Demokrasi -- Kanal ide, gagasan, dan pemikiran tentang pemilu, pemerintahan, dan demokrasi Indonesia

Leave a Reply