Go to Top
  • No products in the cart.

Daniel Zuchron

Daniel ZuchronDaniel Zuchron

Lahir di Jakarta tanggal 18 April 1976. Menempuh pendidikan sekolah dasar hingga sekolah menengah atas di Majalengka, Jawa Barat. Menyelesaikan pendidikan S1 Syariah di Fakultas Agama Islam Universitas Islam Malang (UNISMA) Jawa Timur tahun 2001. Saat ini sedang menyelesaikan tesis S2 nya dengan judul “Manusia Konstitusi; Kajian Ontology dan Epistemology” pada Program Filsafat Islam di ICAS-Universitas Paramadina.

Saat ini bertugas sebagai Komisioner Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) periode masa jabatan 2012-2017. Bertanggung jawab sebagai Koordinator Divisi Pengawasan yang membidangi penyusunan standar tata laksana pengawasan, monitoring penerapan standar pengawasan, penelusuran data informasi temuan pelanggaran, kajian modus kerawanan pelanggaran, dan teknis pencegahan/pengawasan bagi seluruh pengawas pemilu di Indonesia.

Pengalaman kepemiluan dirintis sejak aktif di dunia kemahasiswaan tahun 1998. Pada Pemilu 1999 menjadi relawan dan fasilitator Pemantau Pemilu Forum Rektor UNISMA wilayah Malang Raya. Keterlibatan di dunia kepemiluan berlanjut pada pemilu 2004 dan pilkada 2005-2008 ketika aktif di Pengurus Pusat Lakpesdam NU, dan dipercaya menjadi program officer pemantauan pemilu Jaringan Pendidikan Pemilih Rakyat (JPPR). Terpilih sebagai Koordinator Nasional JPPR pada periode kepengurusan 2009-2011 mewakili rumpun NU. Juni 2011 menjadi pemantau bersama Asian Network for Free and Fair Election (ANFREL) dan melakukan pemantauan pemilu nasional Thailand di Provinsi Selatan Pattani-Yala-Narathiwart. Tahun 2012 menjadi anggota tim ahli pendaftaran pemilih Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) – International Foundation for Election Systems (IFES) dalam rangka penyusunan konsep dan sistem pendaftaran pemilih.

Mewakili Bawaslu RI dalam penyusunan Bangkok Declaration on Free and Fair Election di Bangkok, Thailand tahun 2012 yang diinisiasi oleh ANFREL. Menjadi wakil Bawaslu RI pada Asian Electoral Stakeholder Forum-2; first Implementation of Bangkok Declaration on Free and Fair Election di Dili, Timor Leste tahun 2015. Januari 2015 menjadi narasumber pada the 3rd Regional Dialogue on Acces to Elections oleh AGENDA di Jakarta, Indonesia. Oktober 2015 sebagai narasumber pada The Asian-African Practitioners Meeting on The Political Finance Regulation and Corruption Eradication yang diselenggarakan oleh IDEA International di Bandung.  Menjadi delegasi Bawaslu RI dalam kunjungan pada pelaksanaan Pemilu Myanmar di bulan November tahun 2015. Kegiatan ini bekerja sama dengan IFES. Menjadi salah satu Wakil Ketua PP Lakpesdam NU yang membidangi soal pengembangan sumber daya manusia periode kepengurusan 2015-2020.

Beberapa pengalaman penulisan dalam kepemiluan baik yang dipublikasikan atau tidak, antara lain:

  • Tim liputan Bulletin “PANGGUNG PEMILU” edisi Pemilu Legislatif 2004 oleh PP Lakpesdam NU-The Asia Foundation tahun 2004.
  • Tim Redaksi Bulletin “PANGGUNG PEMILU” edisi Pilkada Kabupaten Jembrana, Kabupaten Malang, Kabupaten Klaten oleh PP Lakpesdam NU – The Asia Foundation Tahun 2005.
  • Tim penulis “Manual Voters Guide untuk Pilkada” oleh PP Lakpesdam NU – The Asia Foundation Tahun 2006.
  • Tim perumus dan penulis “Panduan Pemantauan Pemilukada” oleh JPPR – The Asia Foundation Tahun 2008.
  • Penulis Manual KPU untuk tahapan Pencalonan Kepala Daerah bersama AEC tahun 2009.
  • Tim penulis “review Pemilu 2009; Perspektif Pemantau Pemilu” bersama Tifa Foundation Tahun 2010.
  • Tim penulis “Manual Pemantauan Pemilukada Berbasis Masyarakat” bersama JPPR – Tifa Foundation Tahun 2010.
  • Tim Penulis buku “Bersama Masyarakat Mengawal Pemilu 2009; Pengalaman JPPR di Lima Daerah” bersama JPPR – Tifa Foundation tahun 2010.
  • Tim Penulis buku “Pemantauan dan Riset Pemilukada 2010; Peningkatan Tata Kelola Kepemiluan di Indonesia” bersama JPPR- The Asia Foundation tahun 2010.

 

1,910 total views, 1 views today