Go to Top
  • No products in the cart.

Didi Achdijat

Didi AchdijatDidi Achdijat

Lahir di Malang, 16 Pebruari 1951. Sarjana Matematika dari Institut Teknologi Bandung spesialisasi Riset Operasi dan Sarjana Matematika University of the Philippines dengan spesialisasi Aktuaria.

Sejak tahun 1978 bekerja pada PT. Taspen (Persero) membawahkan Divisi Aktuaria, Sistem Informasi dan Perencanaan dan Pengembangan. Tahun 1990 sampai dengan tahun 2002 menduduki jabatan Direktur yang membidangi Aktuaria, Operasi dan Sistem Informasi. Jabatan lain yang pernah dijalani adalah sebagai komisaris pada PT. Itama Raya Gold Industry, PT. Plaza Indonesia Realty dan PT. Barito Pacific. Selain itu pernah menduduki jabatan Direktur Utama pada PT. Asuransi Asia Reliance dan PT. Asuransi Jiwa Bumi Asih Jaya.

Saat ini bekerja pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Al Amin sebagai Aktuaris Perusahaan dan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 sebagai Komisaris. Jabatan profesional aktuaria adalah sebagai Ketua Persatuan Aktuaris Indonesia, Ketua East Asian Actuarial Conference. Saat ini sebagai Wakil Ketua Persatuan Aktuaris Indonesia. Selain itu pernah menjadi Ketua Badan Kordinasi Sistem Informasi BUMN.

Keterlibatan dalam kajian pemilu berawal dari hasil pengamatan kegiatan Pipit Rochijat Kartawidjaja, yang juga adalah kakak kandung dalam menggeluti isu tersebut di Indonesia. Amatan menyimpulkan bahwa, keseluruhan proses perancangan pemilu hendaknya melibatkan ilmu matematika, apabila dikehendaki suatu hasil pemilu yang “adil” dalam suatu negara demokrasi. Di lain pihak, nampak bahwa belum ada lembaga pendidikan ataupun ilmuwan yang mempunyai minat terhadap riset dan kajian pemilu dalam lingkup ilmu matematika.

Karena hasil akhir proses pemilu dapat dikategorikan dari hasil penerapan riset operasi dengan perubah keterwakilan dan kendala yang merupakan bilangan bulat non-negatif jumlah wakil. Sedangkan fungsi obyekif yang tidak diketahui. Penerapan ini dapat dimulai dari penetapan sistem pemilu yang berakibat pada penetapan daerah pemilihan sampai pada metodologi penetapan jumlah keterwakilan. Bahkan dapat diterapkan pada proses sistem politik negara demokrasi.

Penerapan ilmu matematika merupakan penerapan yang taat azas dan tidak terpengaruh oleh intrik politik yang sedang terjadi. Kegiatan dalam kajian pemilu diawali dengan menjadi penulis-pendamping buku yang diterbitkan oleh penerbit 7 (seven) Strategies Studies dan membantu Perludem (Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi) sebagai saksi ahli di Mahkamah Konstitusi.

 Publikasi

  • Proporsionalitas & Disproporsionalitas Alokasi Kursi DPR dan DPRD bersama Pipit R. Kartawidjaja.
  • Program Pensiun Pegawai Negeri Sipil dalam Negara Bukanlah Pemerintah, bersama Pipit R. Kartawidjaja

2,125 total views, 1 views today