Go to Top
  • No products in the cart.

Mahalnya Kursi Luar Jawa dari Pemilu ke Pemilu

Ketimpangan harga kursi kian menjadi-jadi dalam Pemilu 2014 mendatang. Semakin banyak kursi mahal di luar Jawa. Sedangkan, harga kursi di Jawa yang padat, justru lebih murah, di bawah kuota rata-rata, Keganjilan tersebut terungkap setelah setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) memasukkan jumlah penduduk untuk masing-masing provinsi DPR berdasarkan data Data Agregat Ke pendudukan Per Kecamatan (DAK2) yang berasal dari Kementerian Dalam Negeri. Harga kursi termahal ada di Kepulauan Riau, sebuah provinsi baru di Sumatra. Kepulauan Riau adalah provinsi yang paling teraniaya dan paling underrepresented dalam urusan alokasi kursi DPR dalam dua pemilu terakhir. Tapi, kondisinya pada Pemilu 2014 semakin parah.

Kuota setiap kursi di Kepulauan Riau untuk Pemilu 2014 mendatang adalah 631.863 jiwa, atau 140,51 persen dibanding kuota kursi rata-rata nasional. Padahal, harga kursi di provinsi-provinsi terpadat di Jawa, kebanyakan berada di bawah kuota kursi rata-rata atau overreperesented. Jawa Barat, misalnya,hanya 97,53 persen dari kuota rata-rata.

Sila baca lebih lanjut dan unduh

664 total views, 1 views today

About Admin SPD

Sindikasi Pemilu dan Demokrasi -- Kanal ide, gagasan, dan pemikiran tentang pemilu, pemerintahan, dan demokrasi Indonesia

Leave a Reply