Go to Top
  • No products in the cart.

Ambang Batas Tanpa Batas

Sebagai salah satu instrumen teknis dalam sistem pemilu, ambang batas perwakilan atau parliamentary threshold, ditemui dalam Negara-negara yang menerapkan sistem pemilu proporsional. Dibandingkan dengan Instrumen lain dalam sistem pemilu seperti; daerah pemilihan, formula perhitungan suara-kursi dan lain sebagainya, ambang batas perwakilan banyak menarik perhatian para elit partai politik. Hal ini tidak saja terjadi Indonesia, tetapi juga di banyak tempat pada saat pembahasan undang-undang pemilu.

Hal ini terjadi karena besaran ambang batas berpengaruh secara langsung terhadap pengurangan partai politik di parlemen, walaupun hal tersebut tidak identik dengan penyederhanaan sistem kepartaian.

Penyederhanaan sistem kepartaian – yang berdampak nyata terhadap efektivitas kerja parlemen – tidak ditentukan oleh jumlah riil partai di parlemen, tetapi oleh jumlah partai relevan,  yang dicerminkan oleh penguasaan kursi. Artinya, partai yang sedikit belum tentu menciptakan sistem kepartaian sederhana apabila penguasaan kursi parlemen merata. Sebaliknya, partai yang banyak bisa menciptakan sistem kepartaian sederhana apabila penguasaan kursi terkonsentrasi ke sedikit partai.

Sila baca lebih lanjut dan unduh

741 total views, 1 views today

About Admin SPD

Sindikasi Pemilu dan Demokrasi -- Kanal ide, gagasan, dan pemikiran tentang pemilu, pemerintahan, dan demokrasi Indonesia

Leave a Reply