Go to Top
  • No products in the cart.

Efektivitas Pemerintahan Presidensialisme Multipartai

Sebagai sistem pemerintahan, Presidensialisme Indonesia ternyata dipengaruhi oleh ketentuan konstitusi yang menyatakan adanya kerjasama antara Presiden terpilih dengan DPR dalam pembuatan rancangan Undang-Undang dan berbagai kebijakan lain. Ketentuan ini menunjukkan bahwa sistem pemerintahan Indonesia dapat berjalan secara efektif jika, selain memperoleh legitimasi popular yang tinggi, Presiden terpilih juga harus mendapatkan dukungan kursi signifikan di DPR. Bagaimana jika hasil pemilu memperlihatkan yang sebaliknya. Bahwa Presiden terpilih tidak memiliki dukungan signifikan di parlemen sekalipun meraih dukungan mayoritas pemilih melalui pemilihan langsung. Situasi semacam ini, memunculkan fenomena parlementarisasi sistem presidensialisme, dimana kewenangan eksekutif didominasi oleh kekuatan parlemen, jika tidak maka kebijakan presiden akan mendapatkan resistensi dari parlemen.

Munculnya fenomena tersebut karena demokrasi atau pemerintahan Indonesia tidak didasarkan pada prinsip check and balances seperti di Amerika Serikat – pemisahan kekuasaan diantara cabang-cabang pemerintahan yang ada – dimana  kekuasaan dari suatu cabang pemerintahan membatasi kekuasaan cabang pemerintahan lainnya. Justru mekanisme yang ada adalah convergence of power – kolaborasi atau kerjasama antara pihak eksekutif dengan legislatif – dalam pembuatan berbagai kebijakan.

Untuk mengatasi hal itu, keserentakan Pemilu Nasional – Pemilihan Presiden dan Legislatif Nasional dilaksanakan secara serentak – dan dipisah dengan pemilu DPRD dan Kepala Daerah menjadi satu alternatif untuk mengefektifkan jalannya sistem pemerintahan, dan sekaligus pelembagaan sistem kepartaian. Pengalaman Amerika Latin memberikan pelajaran berharga untuk itu.

Sila baca lebih lanjut dan unduh

701 total views, 1 views today

About Admin SPD

Sindikasi Pemilu dan Demokrasi -- Kanal ide, gagasan, dan pemikiran tentang pemilu, pemerintahan, dan demokrasi Indonesia

Leave a Reply