Go to Top
  • No products in the cart.

Membaca Prospek dan Peta Politik Pemilu Legislatif 2014

Prospek dan konfigurasi politik pemilu legislatif 2014 secara teoritis akan sulit menghasilkan sistem kepartaian sederhana dan sekaligus pembangunan sistem politik yang lebih stabil. Tendensi ini setidaknya dicerminkan dari dua aspek. Pertama, aspek yang sifatnya mekanis sistem pemilu; ambang batas perwakilan, alokasi kursi daerah pemilihan, dan formula perhitungan. Kedua, dari sisi aspek non mekanis; volatilitas pemilu, tren partisipasi pemilih, tingkat suara tidak sah, dan suara terbuang. Pada aspek yang sifatnya mekanis, secara teoritis akan menghasilkan pola distribusi perolehan suara yang menyebar secara lebih merata, sulit memfasilitasi munculnya konsentrasi sistem kepartaian yang berguna dalam menciptakan sistem multipartai sederhana. Sedangkan dari sisi variable non mekanis, justru semakin menguatkan tendensi fragmentasi politik akibat penyebaran suara pemilih kepada partai-partai non utama dan penurunan porsi kekuatan dari partai-partai utama. Sehingga menyulitkan pembentukan mayoritas.

Setelah bekerja dalam kurun waktu kurang lebih dua tahun, DPR (Dewan Perwakilan Rakyat) akhirnya mengesahkan rancangan undang-undang pemilu legislatif. Pengesahan tersebut dilakukan dalam sidang paripurna tanggal 12 april 2012. Satu hal terpenting yang patut dicatat dalam proses penyusunan undang-undang tersebut adalah terbukanya akses secara luas bagi banyak kalangan masyarakat sipil untuk terlibat memberi masukan atas materi-materi yang menjadi pembahasan. Meskipun tidak semua masukan tersebut diadopsi, namun sebagian besar masukan masyarakat diterima, dan turut menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Catatan positif lain yang juga tidak kalah penting dan patut diberikan apresiasi adalah, tersedianya waktu yang cukup memadai dan format pembahasan yang terbagi dalam beberapa kelompok (cluster) isu. Waktu dan format tersebut menjadikan pembahasan terhadap isu-isu utama menjadi lebih fokus, membuka ruang bagi masukan masyarakat berdasarkan kompetensi, dan memberikan porsi penyebarluasan informasi oleh media massa.

Sila baca lebih lanjut dan unduh

 

 

609 total views, 1 views today

About Admin SPD

Sindikasi Pemilu dan Demokrasi -- Kanal ide, gagasan, dan pemikiran tentang pemilu, pemerintahan, dan demokrasi Indonesia

Leave a Reply