Go to Top
  • No products in the cart.

Menilai Demokrasi Indonesia Paska Pemilu 2009

Sepertinya tidak cukup mudah meraih kesepakatan bagaimana suatu negara dikatakan demokratis. Selain perdefinisi, konsep demokrasi hingga saat ini masih menjadi perdebatan diantara para ahli. Misalnya kriteria apa yang seharusnya dipakai sebagai landasan tentang pemikiran demokrasi, apakah didasarkan pada aspek-aspek yang sifatnya prosedural dan institusional atau akibat yang lebih bersifat abstrak

Perdebatan ini masih saja berlanjut, bahkan ketika demokrasi itu sendiri telah didiskusikan lebih kurang selama dua ribu lima ratus tahun. Tanpa satu konsep yang diterima bersama, maka tidak ada konsensus yang dapat kita pakai dalam rangka mengidentifikasi masalah-masalah yang diasosiasikan dengan demokrasi dan demokratisasi. Tentu saja lebih rumit lagi jika kita memiliki keinginan untuk menilai sampai dimana tahapan demokrasi yang telah dicapai oleh suatu negara.

Kerumitan ini sepenuhnya bisa dipahami oleh karena, ketika mencoba mendefinisikan demokrasi, ini memandatkan adanya penilaian menyeluruh atas keberagaman yang tercipta berdasarkan perbedaan kultur dan politik, serta beragam tahapan yang telah dicapai oleh situasi ekonomi dan sosial. Bahkan, ketika penilaian atas prasyarat di atas telah terpenuhi misalnya, tetap saja menetapkan satu standar atau model demokrasi merupakan upaya yang sukar dipahami.

Sila baca lebih lanjut dan unduh

724 total views, 2 views today

,

About Admin

http://aziz.or.id

Leave a Reply