Go to Top
  • No products in the cart.

Alokasi kursi parlemen

Alokasi kursi parlemen

Didi Achdijat

Untuk Sindikasi Pemilu dan Demokrasi

Pendahuluan

  1. Pelaksanaan pemilihan umum sebagai sarana implementasi demokrasi memerlukan suatu konsep yang kokoh dan taat azas. Konsep pelaksanaan pemilihan umum yang tertata menjadikan proses demokrasi yang sehat dengan terdapatnya peran serta masyarakat yang besar.
  2. Indonesia sebagai negara kesatuan berbentuk republik menerapkan sistem demokrasi melalui pemilhan umum untuk menetapkan wakil rakyat di lembaga negara seperti Dewan Perakilann Rakyat an pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang dilaksanakan secara nasional dan berlangsung secara langsung.
  3. Pelaksanaan pemilihan umum di negara Republik Indonesia diatur dalam suatu peraturan perundang-undangan yang menetapkan visi, misi dan sasaran pelaksanaan pemilihan umum.
  4. Dalam sejarah kenegaraan, pelaksanaan pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat telah berlangsung sebanyak 10 (sepuluh) kali yang diawali pada tahun 1955 sampai tahun 2014 dan pemilihan berikutnya akan berlangsung pada tahun 2019.
  5. Pelaksanaan pemilihan umum sejak diawali jaman reformasi mempunyai sasaran yang jelas, seperti yang ditetapkan dalam undang-undang tentang pemilihan umum, yaitu
    • Proporsional,
    • Adil,
    • Derajat keterwakilan,
    • Umum, dan
    • Peran serta masyarakat.

untuk lebih lengkapnya, silakan unduh dokumen pada tautan dibawah ini:

alokasi-kursi-parlemen_pak-didi-diskusi-media-18092016

664 total views, 1 views today

, ,

About Admin SPD

Sindikasi Pemilu dan Demokrasi -- Kanal ide, gagasan, dan pemikiran tentang pemilu, pemerintahan, dan demokrasi Indonesia

Leave a Reply